Marketing Manajemen: Pengertian dan Konsep

Marketing manajemen merupakan proses perencanaan, promosi, penentuan harga, membuat konsep hingga proses distribusi untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan. Dari katanya manajemen memang mengacu pada strategi, melakukan analisa dan berbagai alat untuk memasarkan produk. 

Marketing Manajemen

Manajemen pemasaran sangat dibutuhkan agar penjualan terus bertumbuh. Apalagi saat ini manusia berada di era digital yang dapat menjadikan seseorang sebagai pebisnis serta dapat banyak belajar pemasaran dari berbagai sumber salah satunya yakni bisnisman.id. Sebaiknya konsep pemasaran pun harus sesuai untuk kebutuhan pemasaran digital. Terdapat 3 konsep marketing manajemen yang harus diketahui diantaranya yaitu: 

Marketing Manajemen

  • Konsep Produksi

Konsep ini percaya bahwa konsumen membutuhkan produk dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan. Biasanya, produk seperti ini sangat mudah dipasarkan. Pebisnis dapat menekan modal untuk produksi sebab pembuatan produk dilakukan secara massal. 

Perusahaan yang menggunakan konsep ini berpeluang mendapatkan lebih banyak keuntungan. Oleh karena itu, sekali membuat produk langsung diproduksi dalam jumlah banyak. Cocok sekali diterapkan bagi Anda yang terjun di usaha fast moving untuk barang kebutuhan primer masyarakat.

  • Konsep Penjualan

Perusahaan yang menggunakan konsep ini percaya bahwa produk bisa terjual banyak dengan menarik pelanggan. Seringkali, pebisnis menerapkan berbagai cara supaya konsumen bersedia membeli produk tersebut. Memang salah satu strategi terbaik, tetapi tidak semuanya membuahkan hasil. 

Jika Anda melihat ada toko atau penjual yang selalu memberikan diskon dan promo menarik lainnya, maka pemasarannya menggunakan konsep penjualan. Sekarang ini, konsep penjualan sangat banyak dipraktikkan di toko online dan e-commerce. 

  • Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran atau konsep marketing manajemen berfokus pada kebutuhan target konsumen. Memang berbeda dengan konsep penjualan, sebab lebih cenderung untuk mempunyai pelanggan yang setia. Jadi tujuan konsep ini agar konsumen melakukan repeat order atas produk yang Anda produksi. 

Seringkali konsep pemasaran diterapkan pada produk skincare. Tetapi, kenyataannya konsumen dari kalangan bawah sulit sekali loyal pada satu produk jika harganya lebih mahal meskipun kualitasnya bagus. Sebaiknya, aturlah target pasar Anda dari kalangan atas sebab bergantung pada kebutuhan konsumen. 

Demikian iitulah 3 konsep penting marketing manajemen bisnis di era digital. Konsep tersebut akan lebih mudah diterapkan jika ada fasilitas mendukung. Adanya media digital memudahkan Anda menggunakan konsep sesuai produk. Tidak boleh sembarangan memilih penerapan konsep supaya berhasil membuat produk tersebut terjual.